Puasa Bagi Ibu Hamil: Boleh Atau Tidak?

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam. Tidak salah jika pada bulan Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan tindakan yang baik. Umat Islam juga percaya jika pada bulan Ramadhan amal ibadah akan dilipat gandakan.

Pada saat bulan Ramadhan banyak ibu hamil yang memaksakan diri untuk berpuasa. Memang dalam Islam, ibu hamil tidak wajib untuk melakukan puasa. Tetapi karena banyak alasan sangat banyak ibu hamil yang tetap menjalankan ibadah puasa.

Tips puasa saat hamil via prenagen.com
Ibu hamil boleh berpuasa jika fisiknya mendukung. Jika ibu hamil memiliki fisik yang lemah, maka ibu hamil tersebut tidak harus berpuasa bahkan tidak disarankan untuk menjalankan puasa. Bagi ibu hamil yang menderita penyakit berbahaya seperti diabetes dan darah tinggi memang lebih baik tidak melakukan puasa karena jika memaksa untuk berpuasa banyak sekali efek buruk yang bisa muncul. Akan lebih baik jika ibu hamil berpuasa sesuai kemampuan. Jika dalam berpuasa ibu hamil tersebut merasa tidak kuat lebih baik ibu hamil segera membatalkan puasanya.

Jika fisik ibu hamil memang mendukung untuk berpuasa maka ada banyak sekali hal yang wajib diperhatikan. Hal yang wajib diperhatikan tersebut adalah dari segi kebutuhan nutrisi. Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan. Apabila janin dalam kandungan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup akan membuat janin tersebut memiliki pertumbuhan yang tidak maksimal.

Selain untuk janin, nutrisi tersebut juga dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Apabila seorang ibu hamil mendapatkan nutrisi yang cukup akan membuatnya menjadi lebih sehat dan bisa menjalankan puasa dengan baik.


Menu makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada saat berbuka adalah makanan yang manis. Makanan yang manis sangat baik untuk meningkatkan kadar gula yang ada dalam darah. Jenis makanan manis yang baik untuk dikonsumsi adalah kolak dan juga jenis buah-buahan. Ibu hamil harus menghindari makanan dingin karena makanan dingin tidak baik untuk lambung.

Selain makanan yang manis, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi seperti daging dan juga ikan. Pada saat berbuka ibu hamil lebih baik mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang tidak banyak karena ibu hamil mudah untuk mual.

Sedangkan makanan yang baik untuk sahur adalah makanan yang banyak mengandung protein. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain makanan yang banyak mengandung protein pada saat sahur ibu hamil juga harus mengkonsumsi buah. Dengan mengkonsumsi buah akan membuat vitalitas ibu hamil menjadi naik.


Buah yang baik untuk dikonsumsi adalah buah yang mudah untuk dicerna dan memiliki kandungan vitamin kompleks seperti buah pisang dan juga pepaya. Agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi pada saat berpuasa lebih baik ibu hamil meminum banyak air putih pada saat sahur. Dengan meminum banyak air putih akan membuat ibu hamil menjadi lebih segar dan tidak haus pada saat menjalankan ibadah puasa.

Melihat penjelasan diatas maka Anda pasti mengerti jika berpuasa bukan menjadi sebuah masalah bagi ibu hamil. Ibu hamil dapat berpuasa jika memiliki fisik yang kuat dan juga tidak mengidap penyakit berbahaya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil pada saat berpuasa juga harus diperhatikan. Itu karena ibu hamil membutuhkan makanan yang tepat pada saat sahur dan berbuka agar kebutuhan nutrisi untuk tubuh dan juga janin dapat terpenuhi dengan baik.

Gambar diambil dari berbagai sumber

Puasa Bagi Ibu Hamil: Boleh Atau Tidak?