Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes - Melihat Lebih Dalam Kaitan Puasa Dengan Penyakit Diabetes

Anda pasti tidak asing dengan penyakit diabetes. Jenis penyakit ini memang banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Indonesia menjadi negara keempat terbesar di dunia penderita penyakit diabetes. Penyakit ini diakibatkan oleh kadar gula dalam darah yang tidak normal. Banyak orang yang menganggap jika penyakit ini adalah penyakit keturunan. Karena sebagian besar orang yang menderita penyakit ini memiliki keluarga ataupun saudara yang juga menderita penyakit diabetes.

Padahal, semua orang bisa terkena penyakit ini jika pola hidup yang dijalankan salah. Pola hidup yang tidak sehat memang menjadi salah satu penyebab penyakit ini. Pada saat bulan puasa banyak penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah tersebut. Banyak penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa karena bulan puasa atau Ramadhan adalah bulan yang indah bagi umat Muslim.

gambar dari : rakyataceh.co

Jika penderita diabetes ingin menjalankan puasa ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Fisik dan kekuatan tubuh penderita diabetes tidak sama dengan orang normal. Biasanya penderita diabetes akan mudah lemas jika tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Akan lebih baik jika penderita diabetes melakukan konsultasi dengan dokter jika memang ingin berpuasa. Dokter akan memberikan saran terbaik apakah Anda bisa berpuasa ataupun tidak. Dalam Islam bagi orang yang sedang sakit memang tidak harus menjalankan ibadah puasa. Puasa tersebut bisa diganti dengan membayar fidyah.

Banyak dokter yang menyatakan jika penderita diabetes berpuasa secara penuh akan membuat tubuhnya kekurangan zat gula. Kebutuhan gula bagi penderita diabetes memang berbeda dengan orang normal. Penderita diabetes membutuhkan kadar gula yang stabil dalam darah. Jika kadar gula tersebut berkurang dalam waktu yang cepat akan membuat penderita diabetes lemas dan tidak memiliki tenaga. Para ahli menyatakan jika gula darah dalam tubuh berkurang secara drastis juga bisa memicu penyakit hipoglikemia.

Umumnya, dokter akan memberikan saran puasa dilakukan sesuai kemampuan dan tidak memaksakan. Jika puasa dipaksakan akan memiliki akibat buruk bagi penderita diabetes tersebut. Jika penderita diabetes memang ingin melakukan puasa lebih baik memilih makanan yang tepat pada saat berbuka dan sahur. Makanan yang baik untuk berbuka dan sahur adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi dan rendah lemak dan gula.

Sekarang ini banyak sekali orang yang menyarankan untuk melakukan puasa aman bagi penderita diabetes. Puasa tersebut memang tidak memiliki waktu yang panjang seperti pada puasa di bulan Ramadhan. Sebuah penelitian jika puasa selama 4-5 jam sangat baik untuk penderita diabetes karena dengan melakukan puasa tersebut akan membuat kadar gula dalam darah menjadi normal dan stabil. Tetapi jika puasa tersebut dilakukan lebih dari 8 jam akan membuat gula darah menjadi turun secara drastis.


Bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes maka Anda harus memastikan kondisi fisik terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah puasa. Jika Anda merasa mampu untuk melakukan ibadah puasa tidak ada salahnya Anda mencoba. Tetapi jika Anda merasa ibadah puasa tersebut membuat tubuh Anda lemas akan lebih baik Anda membatalkan puasa.

Orang yang sakit ataupun memiliki halangan lain dalam Islam memang tidak wajib untuk menjalankan puasa. Apabila Anda mau menjalankan pola hidup yang baik pasti tidak sulit untuk sembuh dari penyakit diabetes. Dan jika Anda sudah sembuh dari penyakit ini akan membuat Anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Gambar diambil dari berbagai sumber

Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes - Melihat Lebih Dalam Kaitan Puasa Dengan Penyakit Diabetes