Ini Dia 15 Tips Sehat Saat Puasa - Agar Puasa Lebih Berkah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Selama bulan Ramadhan umat Islam wajib menjalankan ibadah Puasa yang dilakukan sebelum terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Berbagai cara kita lakukan agar tubuh tetap fit ketika menjalani puasa.


Untuk memastikan bahwa tubuh Anda tetap sehat untuk tetap beraktifitas secara efektif saat puasa, Tubuh harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Berikut ini adalah 15 tips sehat saat puasa agar Anda tetap bisa menjalankan aktifitas kerja sehari-hari sebaik seperti ketika Anda tidak berpuasa:

 15 Tips Sehat Saat Puasa:

1. Menjelang bulan Ramadan, berkonsultasilah dengan dokter tentang masalah kesehatan yang mungkin akan timbul ketika Anda menjalani puasa Ramadhan. Tanyakan kepada dokter Anda tentang multi-vitamin yang tepat, hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan atau hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan selama Anda menjalani ibadah puasa.

2. Makan sahur adalah Sunnah. Pastikan Anda makan sahur tepat waktu, artinya tidak terlalu awal tetepi tidak juga terlalu akhir. Makan sahur diwaktu yang tepat akan memastikan Anda mempunyai cukup waktu untuk mengkonsumsi makanan untuk mendapatkan nutrisi, cairan, dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh.


3. Makan sahur adalah satu-satunya waktu makan paling penting sebagai bekal untuk menjalani aktifitas seharian. Ketika sahur, jangan makan berlebihan. Utamakan untuk mengkonsumsi sumber makanan yang kaya karbohidrat kompleks, protein, sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air.

4. Ketika tengah hari, bila aktifitas Anda berada di luar ruangan. Berteduhlah dari terik matahari langsung. Bila mungkin berusahalah untuk menghindari tempat yang akan memaksa tubuh Anda mengeluarkan keringat.

5. Ketika tengah hari, batasi aktivitas fisik Anda dan beristirahatlah dengan cukup.

6. Ketika tiba waktu berbuka puasa, jangan makan berlebihan. Ikutilah Sunnah Rosul, yaitu berbuka dengan “yang manis-manis”. Membatalkan puasa dengan kurma, susu, madu atau jus buah akan membuat tubuh Anda kembali segar dalam waktu yang lebih cepat.

7. Setelah salat maghrib, lanjutkan dengan memakan sup dan makanan ringan lainnya. Buah segar dan kacang-kacangan adalah pilihan yang lebih baik. Setelah seharian berpuasa, tubuh akan memerlukan lebih banyak cairan, tapi ingat… hindari kadar gula yang berlebihan, terutama bagi para penderita diabetes.


8. Menjelang Isya, makanlah beberapa suap hidangan makan malam yang sehat dan seimbang. Ingat faktor terpenting… Jangan makan berlebihan!!

9. Ketika malam, terutama bagi Anda yang menderita gangguan maag, tahan godaan dari segelas teh, kopi, atau soda. Beberapa jenis minuman tersebut dapat berpotensi meningkatkan kadar asam lambung.

10. Berolahraga di malam hari. Untuk yang satu ini mungkin Anda akan tertawa, tapi percayalah… melakukan olahraga ringan yang dilakukan di malam hari, misalnya berjalan kaki selama 15-20 menit akan sangat berguna untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa.


11. Kurangi bahkan hindarilah memakan gorengan dan makanan pedas. Gorengan dan makanan pedas dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan yang akan terasa lebih menyiksa ketika Anda sedang berpuasa.

12. Jaga kebersihan mulut dan gigi. Sikat gigi secara teratur dan gunakanlah mouthwash untuk menjaga keseimbangan bakteri mulut yang pada akhirnya akan menghindari bau mulut yang berlebihan ketika Anda sedang berpuasa.

13. Pada waktu Anda berpuasa, daya tahan tubuh akan berkurang. Beberapa bakteri dan kuman penyebab penyakit akan lebih mudah menyerang. Cucilah tangan secara teratur dan hindari orang yang sedang menderita batuk atau flu.

14. Atur jadwal istirahat Anda lebih tertib dari hari-hari selain pada bulan puasa. Berbagai aktifitas keagamaan, mau tidak mau akan mengurangi waktu istirahat Anda. Kontrol ketat terhadap jam-jam istirahat yang sangat berharga wajib Anda lakukan agar tubuh tetap bugar.


15. Berhenti merokok! Khusus tentang bahaya merokok, kami tidak akan menjelaskannya di sini. Yang Anda butuhkan adalah “KESADARAN UNTUK BERHENTI MEROKOK”, itu saja…

Semangat Anda lebih berharga dari lusinan tips sehat saat puasa.

Mungkin Tips sehat saat puasa di atas sudah Anda ketahui sebelumnya, bahkan tanpa Anda harus membaca artikel ini. Tapi hal yang lebih penting daripada sekedar mengetahui berbagai tips sehat saat puasa adalah MELAKUKAN tips itu. Jadi, tunggu apa lagi?

Segera siapkan diri Anda untuk meraih berkah yang luar biasa pada bulan Ramadan tanpa Anda harus merasakan 3L, yaitu Lemah, Letih dan Lesu. Sebaliknya, bila Anda punya lebih banyak stock dari sekedar 3L, mungkin Anda harus membaca ulang 15 Tips Sehat Saat Puasa bahkan berkali-kali.

Ini Dia 15 Tips Sehat Saat Puasa - Agar Puasa Lebih Berkah