7 Gangguan Kesehatan Pada Saat Puasa Yang Sering Muncul

Pada saat bulan Ramadhan memang semua umat Muslim wajib berpuasa kecuali ada halangan yang membuatnya tidak bisa berpuasa. Jika berpuasa ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan. Manfaat yang utama adalah dari segi spiritual dimana seseorang yang menjalankan ibadah puasa akan menjadi lebih nyaman dan dekat dengan Tuhan. Apabila seseorang menjalankan ibadah puasa ada beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul. Gangguan kesehatan tersebut memang tidak terlalu berbahaya. Pada penjelasan berikut ini akan disebutkan beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul pada saat berpuasa.

Sembelit
sembelit saat puasa via pondokibu.com
Ini adalah gangguan kesehatan yang paling banyak ditemukan pada saat berpuasa. Orang yang sedang menjalankan ibadah puasa kadang kurang mengkonsumsi sayuran dan buah. Karena kurang mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut maka sembelit muncul. Agar gangguan kesehatan ini tidak datang lebih baik Anda mengkonsumsi sayur dan buah dengan jumlah yang cukup pada saat berbuka ataupun sahur.

Perut Kembung
perut kembung
Perut kembung memang umum terjadi pada saat berpuasa. Perut kembung bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab utama perut kembung adalah terlalu banyak mengkonsumsi gorengan. Mengkonsumsi gorengan akan membuat perut menjadi kembung karena minyak yang ada dalam gorengan tersebut akan memicu munculnya gas pada perut. Gangguan kesehatan yang satu ini akan membuat Anda tidak nyaman.

Tekanan Darah Rendah 
tekanan darah rendah via viva.co.id
Salah satu ciri terkena gangguan kesehatan yang satu ini adalah tubuh menjadi lemas dan wajah pucat. Pada saat berpuasa memang tekanan darah bisa turun secara drastis. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini sangat mudah. Anda cukup minum dengan jumlah yang cukup. Tetapi jika tekanan darah masih rendah lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter.

Pusing
pusing via republika.co.id
Rasa pusing yang muncul pada saat puasa bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Faktor yang utama adalah karena lapar dan perut kosong. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kopi rasa pusing yang muncul diakibatkan oleh kurangnya asupan kafein ke tubuh. Akan lebih baik jika sebelum puasa Anda mengurangi kebiasaan merokok dan meminum kopi.

Gula Darah Rendah 
Gula darah rendah via mitrakesehatan.com
Gula dara rendah diakibatkan kurangnya asupan gula pada saat berpuasa. Cara untuk mengatasi masalah ini sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang cukup pada saat sahur dan juga berbuka.

Otot Kram 
Kram otot via dokternasir.web.id
Gangguan kesehatan yang satu ini diakibatkan oleh kurangnya asupan magnesium, kalsium dan juga potasium. Apabila Anda menderita gangguan kesehatan yang satu ini cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah, sayur dan daging.

Sakit Persendian
sakit pada sendi via silkum.wordpress.com
Sakit persendian muncul bisa karena kekuatan tulang dan sendi yang kurang. Biasanya sakit sendi dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Rasa sakit akan muncul pada saat shalat tarawih karena pada sholat ini membutuhkan kekuatan tukang dan sendi yang baik.

Semua gangguan kesehatan yang sudah disebutkan memang umum dirasakan pada saat menjalankan ibadah puasa. Hal yang harus Anda pahami pada saat berpuasa Anda harus mengkonsumsi makanan yang sesuai kebutuhan. Dengan mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan pada saat sahur dan berbuka akan membuat tubuh Anda sehat dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar.

Apabila Anda merasakan gangguan kesehatan yang membuat Anda tidak betah untuk melanjutkan puasa, akan lebih baik jika Anda membatalkan puasa dan segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7 Gangguan Kesehatan Pada Saat Puasa Yang Sering Muncul