5 Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Yang Wajib Anda Ketahui

Penderita diabetes banyak yang ingin mencoba untuk berpuasa. Padahal, bagi orang yang sedang sakit memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Banyak penderita diabetes memilih untuk berpuasa karena bulan puasa adalah bulan yang sangat ditunggu bagi umat Islam. Bulan puasa adalah bulan yang indah dan penuh ampunan. Bagi Anda yang menderita diabetes dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa maka ada banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan. Pada penjelasan berikut ini akan disebutkan 3 tips berpuasa bagi penderita diabetes.

1. Konsultasi Ke Dokter
konsultasi ke dokter via klikdokter.com

Jika akan berpuasa, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes adalah berkonsultasi ke dokter. Dengan berkonsultasi ke dokter akan membuat Anda mengerti apa saja yang harus dilakukan pada saat berpuasa. Dokter juga akan memberikan banyak saran yang baik untuk kesehatan dan kelancaran ibadah puasa Anda. Apabila pada saat berkonsultasi dokter tidak menyarankan Anda untuk berpuasa pasti dokter tersebut memiliki alasan kuat mengapa Anda tidak boleh berpuasa. Biasanya dokter akan melihat kondisi fisik pasien. Dan jika dokter tersebut merasa sang pasien mampu menjalankan ibadah puasa, maka dokter tersebut pasti akan memperbolehkan Anda untuk berpuasa.

2. Pilih Menu Sahur Dan Berbuka Yang Tepat 

Apabila penderita diabetes memang akan menjalankan ibadah puasa maka orang tersebut harus memilih makanan yang tepat. Makanan yang harus banyak dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka adalah sayur dan buah. Dengan mengkonsumsi kedua jenis makanan ini akan membuat tubuh tetap segar pada saat menjalankan ibadah puasa. Buah dan sayur memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Perbanyak Minum Air Putih


Pada saat menjalankan ibadah puasa akan membuat penderita diabetes akan mengalami kekurangan cairan. Akan lebih baik jika pada saat sahur Anda meminum air putih dengan jumlah yang banyak. Meminum air putih dengan jumlah yang banyak akan membuat Anda tidak dehidrasi pada saat menjalankan ibadah puasa. Selain bisa menghindarkan seseorang dari dehidrasi meminum banyak air putih juga sangat baik untuk kesehatan.

4. Tidak Melakukan Aktifitas Yang Terlalu Padat 


Penderita diabetes tidak bisa menjalankan aktifitas yang terlalu padat pada saat menjalankan ibadah puasa. Jika aktifitas yang dijalankan terlalu padat akan membuat orang tersebut menjadi lemas. Umumnya penderita diabetes disarankan untuk banyak beristirahat. Istirahat yang cukup bisa membuat ibadah puasa semakin lancar.

5. Batalkan Puasa Jika Merasa Lemas 

Jika pada saat berpuasa tubuh terasa sangat lemas lebih baik penderita diabetes membatalkan puasanya. Tubuh yang terlalu lemas menandakan adanya kekurangan zat gula dalam darah. Apabila zat gula turun secara drastis akan membuat banyak sekali masalah bagi penderita diabetes. Penderita diabetes tidak boleh memaksakan diri untuk terus berpuasa jika memang fisiknya sudah tidak mampu. Apabila penderita diabetes memperhatikan semua tips yang sudah disebutkan pasti tidak akan ada masalah dalam ibadah puasa yang dijalankan.

Sekarang ini banyak penderita diabetes yang memaksakan diri untuk berpuasa dan tidak pernah berkonsultasi dengan dokter mengenai ibadah puasa. Jika penderita diabetes tidak berkonsultasi dengan dokter akan membuat orang tersebut tidak mengerti resiko yang mungkin muncul dalam ibadah puasa.

Berpuasa pada bulan Ramadhan memang wajib untuk dilakukan tetapi jika seseorang memiliki halangan untuk menjalankan ibadah tersebut maka ada solusi yang tepat yaitu membayar fidyah. Semoga tips yang sudah disebutkan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

5 Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Yang Wajib Anda Ketahui