Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Sejak Awal Jika Mengaku Cinta pada Sang Buah Hati

Tahap perkembangan bayi perlu Anda perhatikan jika Anda mengaku cinta pada sang buah hati. Seorang bayi tentunya akan berkembang sesuai dengan umurnya yang semakin bertambah dari hari ke hari. Jadi, Anda sebagai orang tua harus rajin-rajin memantau perkembangan sang buah hati supaya sang buah hati bisa tumbuh dengan sehat dan normal. Sebenarnya, bagaimana perkembangan bayi dari bulan ke bulan? Apakah mereka akan menunjukkan perubahan yang significant? Jika Anda ingin tahu informasi selengkapnya, simak informasinya berikut ini.



Pertama, perkembangan bayi saat berumur 3 sampai 4 bulan. Mungkin, pada umur sebulan, si kecil hanya bisa berbaring di tempat tidur dan belum bisa melakukan apapun. Si kecil hanya bisa menangis dan menangis saja. Namun, saat umurnya beranjak satu setengah bulan sampai 2 bulan, ia sudah mulai bisa memiringkan badannya. Mungkin awalnya, ia hanya bisa miring ke kanan, tetapi selanjutnya ia pasti sudah mahir memiringkan badannya ke kiri dan ke kanan. Ketika umurnya sudah memasuki 3 sampai 4 bulan, si kecil sudah mulai belajar untuk tengkurap. Mungkin, awalnya si kecil belum bisa mengangkat kepalanya. Tetapi, juga sudah terbiasa, ia sudah mulai bisa tengkurap sambil mengangkat kepalanya tanpa bantuan orang lain.

Kedua, tahap perkembangan bayi saat berumur 5 sampai 6 bulan. Tentunya, semakin umurnya bertambah, kemampuan yang dimiliki si kecilpun juga bertambah. Saat si kecil memasuki umur 5 bulanan, si kecil sudah mulai suka berceloteh. Terkadang, ia akan terlihat sangat bahagia saat orang-orang disekitarnya mencoba untuk menggodanya. Ia pun akan mengeluarkan suara-suara yang menggemaskan. Selain itu, si kecil juga sudah mulai paham di ajak berkomunikasi. Ia pun tampak memanggil orang-orang yang terdekatnya, saat ia menginginkan sesuatu. Walaupun, mungkin, celotehannya belum begitu jelas.



Ketiga, tahap perkembangan bayi saat berumur 7-8 bulan. Pada usia tersebut si kecil sudah mulai paham jika diberikan mainan. Ia juga mulai senang dengan mainan-mainan dengan warna yang cerah. Ketika si kecil diberikan mainan, ia pun sudah bisa menggenggam dengan kedua tangannya. Bukan hanya itu saja, si kecil juga sudah mulai belajar untuk duduk sendiri. Walaupun, mungkin masih membutuhkan bantuan dari orang lain pada awalnya. Saat ia sudah mulai duduk dengan baik, maka ia sudah belajar merangkak. Namun, tahap merangkaknya mungkin hanya sekedar mengangkat tangan, kaki, dan pantatnya saja.

Keempat, tahap perkembangan bayi saat usia 9 sampai 13 bulan. Pada usia 9 bulan, si kecil sudah mulai bisa memakan sesuatu sendiri. Pada usia 9 sampai 10 bulan, si kecil sudah mulai belajar mengenali anggota keluarganya. Ia akan menangis saat si kecil merasa tak mengenali orang tersebut. Pada umur tersebut, si kecil juga sudah mulai merasa takut. Pada usia 13 bulan, si kecil sudah mulai belajar berjalan. Awalnya, si kecil mencoba belajar berdiri. Kemudian, ia belajar melangkah. Ketika sudah mulai lancar, ia akan berjalan tertath-tatih sebelum akhirnya ia bisa berjalan dengan keseimbangan yang baik.



Kelima, tahap perkembangan bayi saat berumur 14 bulan sampai 24 bulan. Ketika si kecil berumur 14 bulan, ia masih menyempurnakan cara berjalannya. Terkadang, si kecil meminta berjalan dengan satu tangan dipegang ortunya. Diharapkan, dengan bantuan orang lain tersebut, anak tidak takut jatuh ketika berjalan. Namun, setelah terbiasa, maka si kecil sudah berani berjalan tanpa bantuan orang lain.

Selanjutnya, saat umurnya hampir memasuki usia 1,5 tahun atau 2 tahunan, s kecil sudah mulai belajar untuk berbicara. Awalnya, ia hanya bisa memanggil orang-orang terdekatnya. Tetapi, lama-kelamaan ia sudah mulai bisa merangkai kalimat sederhana. Semoga informasi tentang tahap perkembangan bayi di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Sejak Awal Jika Mengaku Cinta pada Sang Buah Hati